Jenis Kertas Sertifikat Yang Paling Sering Digunakan

Artikel ini akan membahas jenis kertas sertifikat yang paling sering digunakan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat sertifikat. Tidak hanya memilih template dan font yang tepat, tetapi juga perlu memilih jenis kertas yang tepat.

Memilih jenis kertas sertifikat tergantung seperti apa kertas yang diinginkan sesuai kebutuhan. Sertifikat adalah sebuah cetakan yang biasanya berukuran A4 dan pada umumnya digunakan untuk memberikan penghargaan, bukti keterampilan, dan juga pencapaian dalam pendidikan. Karena itu, lebih baik menggunakan jenis kertas yang berkualitas. Terutama jika untuk dokumentasi yang resmi dan formal. Sangatlah penting memilih kertas sertifikat yang sesuai, untuk menunjukkan keaslian dan meningkatkan kredibilitas pada dokumentasi sertifikat.

Memilih Jenis Kertas Sertifikat Yang Tepat

Berikut beberapa pertimbangan dalam memilih kertas untuk cetak sertifikat.

 

Ketebalan Pada Kertas Sertifikat

Menentukan ketebalan kertas diperlukan agar sertifikat dapat bertahan lama, memilih kertas dengan ketebalan yang terlalu rendah tidak disarankan, karena akan lebih mudah rusak dan sobek. Karena itu, lebih baik menggunakan kertas dengan ketebalan yang cukup. Pada umumnya sertifikat paling tidak menggunakan kertas dengan minimal ketebalan 190gr keatas.

 

Warna Kertas Yang Kontras

Biasanya sertifikat difotokopi untuk berbagai macam keperluan, sehingga tingkat keterbacaan tulisan pada sertifikat akan tetap terjaga dengan memilih warna kertas yang cerah. Tulisan atau huruf berwarna hitam akan lebih terbaca di kertas berwarna terang, dan juga sebaliknya. Tetapi untuk sertifikat, disarankan menggunakan jenis kertas yang terang. Misalnya jika warna terang putih sudah terlalu biasa, dapat menggunakan jenis warna terang yang lainnya. Selain itu penggunaan kertas berwarna putih juga memungkinkan hasil desain terlihat dengan baik. Sebuah Desain yang menarik akan membantu brand anda dikenal. Pastikan untuk memberikan informasi penting seperti LOGO dan dan Merek Dagang lainnya.

 

Tekstur Pada Kertas Sertifikat

Agar semakin terlihat berkualitas, dapat juga memilih jenis-jenis kertas yang memiliki tekstur. Tentu saja dalam hal ini perlu menyesuaikan dengan desain grafis pada sertifikatnya. Desain yang simple dan kertas bertekstur dapat membuat sertifikat terlihat lebih elegan. Atau dapat juga menggunakan kertas tanpa teksture dan menyesuaikan format desainnya agar tetap terlihat berkualitas juga. Bahan dengan kertas bertksture tidak bisa dilaminating dikarenakan akan menghilangan alur tekstur. Untuk lebih pasti akan kualitas cetak, disarankan untuk melakukan proof sebelum mencetak dalam jumlah yang banyak.

 

Contoh Jenis Kertas Sertifikat

Berikut beberapa contoh jenis kertas untuk sertifikat.

 

Kertas Art Carton

Kertas jenis ini memiliki dasar warna putih, memiliki ciri-ciri licin, mengkilap, dan halus. Ketebalan kertas ini mulai dari 190gr, 210gr, 230gr, 260gr, dan 310gr. Kertas Art Carton setelah dicetak dapat dilapisi laminating lagi dengan laminasi doff dan laminasi glosy agar hasilnya lebih memuaskan. Kertas ini mudah ditemukan, karena sering digunakan untuk berbagai macam keperluan lain seperti Cover Buku, Brosur, dan Kartu Nama. Dalam penggunaan untuk sertifikat, jika sertifikat masih akan ditandatangani secara manual, disarankan untuk tidak menggunakan kertas ini, karena lebih sulit menyerap tinta manual atau tulis tangan.

 

Kertas BW Carton

 

Kertas BW (Blues White) Carton memiliki tekstur yang halus dan tersedia dalam beberapa warna. Ketebalan yang terpopuler untuk jenis kertas ini adalah 250gr. Kertas BW carton sering digunakan oleh bisnis percetakan untuk mencetak sertifikat. Jenis ini adalah yang paling sering digunakan oleh banyak perusahaan dikarenakan harganya yang ekonomis dan tekstur nya yang bagus. Perlu Diingat, Kertas BW tidak bisa dilaminating dikarenakan teksturnya kasar.

 

Kertas Concorde

Kertas jenis ini memiliki tekstur kasar sedikit halus, permukaannya timbul seperti membentuk garis. Kertas ini memiliki beberapa varian warna yang soft. Ketebalan yang populer mulai dari 160gr, 220gr, dan 250gr. Kertas Concord bisa dibeli di toko toko buku terdekat, kertas ini sangat dikenal di kalangan pelajar dan mahasisnya. Selain untuk mencetak sertifikat, kertas concord juga banyak digunakan untuk kebutuhan prakarya.

 

Kertas Linen Jepang

Kertas linen jepang memiliki tekstur permukaan yang kasar dan memiliki tekstur bergaris seperti tanda pagar (#) banyak juga yang berpendapat tekstur kertas Linen seperti kain. Kertas ini pada umumnya memiliki ketebalan 250gr aja juga versi yang lebih tipis akan tetapi lebih sulit untuk ditemukan di pasaran. Biasanya linen digunakan untuk sertifikat yang masih akan ditandatangani secara manual, karena lebih mudah menyerap tinta pulpen atau tulisan tangan secara manual. Selain itu dikarenakan teksturenya yang menarik, penggunaan kertas linen banyak ditemukan untuk produk Kartu Nama dan Photobook.

 

Kertas Manila

Kertas manila merupakan kertas umum yang banyak ditemukan di toko buku. Kertas ini bertekstur kasar seperti kertas BW. Yang menarik dari kertas Manila adalah warnanya yang bervariasi. anda bisa memilih warna merah, biru, hijau, kuning, hitam sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi untuk pembuatan sertifikat disarankan tetap menggunakan warna putih.  Jika inging mencetak sertifikat dengan kertas manila, disarankan bertanya terlebih dahulu untuk ketersediaan jenis kertas ini dikarenakan untuk bisnis percetakan kertas BW lebih sering digunakan dibandingkan dengan kertas manila.

 

Kertas Ivory

Kertas Ivory adalah kertas yang memiliki sertifikasi “Food Grade” yang sering digunakan untuk kebutuhan box makanan. Akan tetapi, warnanya yang kuning gading ini juga sering digunakan untuk kebutuhan mencetak sertifikat perusahaan. Yang menarik dari kertas ivory adalah memiliki sisi yang glossy pada satu sisinya dan doff pada sisi satunya. Biasanya perusahaan mencetak satu sisi saja yaitu pada bagian yang glossy.

 

Kertas Jasmine 

Kertas Jasmin adalah sebuah kertas yang sangat menarik perhatian untuk dibuat sertifikat. Kertas ini memiliki fitur gliter atau kelap kelip sehingga membuat hasil cetak sertifikat menjadi elegan. Tidak hanyak untuk sertifikat, jenis kertas ini juga sering ditemukan untuk membuat undangan pernikahan. Perlu diperhatikan untuk menanyakan harga sebelum mencetak, kertas ini terkenal memiliki harga yang premium.

Exit mobile version