Kelebihan Dan Kekurangan Dari Digital Printing

Apakah Anda telah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Digital Printing? Teknik digital printing adalah metode percetakan gambar berbasis digital. Alat ini merupakan pengembangan dari printing konvensional atau manual seperti zaman dahulu. Meskipun di era sekarang masih ada yang menggunakan proses manual, akan tetapi tidak dipungkiri alat ini adalah terobosan cerdas yang mampu melakukan proses printing secara akurat dan tepat.

Dengan menggunakan teknik digital printing pastinya kita bisa mendapatkan beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan metode lama. Metode lama masih menggunakan proses pra cetak misalnya dalam pembuatan film dan plat digital. Semua proses tersebut tidak terdapat pada teknik digital printing. Jadi proses printing akan jauh lebih efisien.

Dari kelebihan yang diberikan oleh digital printing tersebut tidak heran jika teknik ini sudah banyak sekali diterapkan atau dipakai hampir disemua usaha percetakan dengan skala yang besar. Adapun perbedaan proses antara screen printing, offset printing dan juga digital printing adalah sebagai berikut:

  1. Digital printing cara pengoperasiannya adalah dari file gambar masuk ke mesin dan langsung dicetak ke media.
  2. Screen printing cara pengoperasiannya adalah dari file gambar lalu masuk ke kalkir dan ditampilkan pada screen lalu dicetak pada media.
  3. Offset printing cara pengoperasiannya adalah dari file gambar masuk dalam CTP kemudian masuk kemesin baru dicetak pada media.

Kelebihan dan Kekurangan dari Digital Printing

Berbicara soal teknik digital printing kita selalu berorientasi kepada teknologi dan cepat. Tidak di pungkiri teknologi ini memang mampu mencetak gambar dengan lebih cepat dan mampu menyelesaikanya dengan lebih akurat dibandingkan dengan metode lama seperti sablon dan lain-lain.

Akan tetapi selain dari semua kelebihannya, ternyata ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada teknik digital printing. Apa saja kelebihan dan kekurangan nya? Mari kita bahas.

Kelebihan Digital Printing

  1. Produksi yang lebih cepat dan akurat.
  2. Lebih flexibel dalam masalah order (tidak harus memesan dalam jumlah minimal. Semisal pesan 1 kaos untuk satu desain pun bisa).
  3. Proses produksi jauh lebih ringkas dan hasilnya bisa langsung dilihat.
  4. Tahapan yang jauh lebih sedikit (tidak memerlukan karyawan banyak).
  5. Secara metode dan cara jauh lebih mudah, jadi untuk pemula sekalipun mudah untuk memahaminya.

Kekurangan Digital Printing

  1. Harga hardware yang tidak murah.
  2. Akan semakin membuat pelaku sablon konvensional menjadi tersisihkan.
  3. Memerlukan anggaran lebih untuk perawatan dan penyelesain masalah yang timbul.

Untuk sekedar informasi tambahan teknik digital printing ini juga memiliki beberapa jenis berdasarkan mesin, simak penjelasan dibawah ini :

  1. Large Format biasanya mesin ini di gunakan untuk cetak hasil yang besar, semisal : print banner, baliho, neon box, cetak sticker vinyl, canvas, kain dan lain-lain.
  2. Digital Offset Printing biasanya dalam prakteknya digunakan untuk mencetak di kertas HVS, art paper, fancy, duplek, dan lain-lain.
  3. Screen Digital Printing / Sablon Digital untuk kaos adalah mesin sablon kaos digital yang bisa mencetak di kain kaos dan hasilnya lebih bagus dibanding sablon biasa konvensional.
  4. Mug / Keramik Printing mesin print ini seperti namanya memang hanya di peruntukkan mencetak di keramik atau mug.

Kesimpulannya teknik digital printing adalah sebuah pengembangan dari teknologi sablon konvensional dimana prosesnya lebih cepat dan efisien dan tidak memerlukan proses yang rumit. Jadi di era sekarang metode ini adalah suatu hal yang wajib untuk digunakan pada setiap percetakan. Sekian penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Digital Printing yang perlu Anda ketahui.

Exit mobile version